Loading...
Selamat datang di GTT-PTT Kebumen
PAGUYUBAN GTT-PTT

Impian Terindah GTT-PTT

Kamis, 04 Oktober 20120 komentar

Di beberapa Kabupaten di Jawa Tengah telah terbentuk FK GTT-PTT (Forum Komunikasi GTT-PTT) tenaga kependidikan, yang anggotanya para GTT-PTT yang TMT-nya setelah tahun 2005 sampai sekarang. Tepatnya setelah PP No 48 Tahun 2005, yang menyebutkan bahwa sekolah dilarang untuk mengangkat tenaga honorer. Ini artinya keberadaan mereka (GTT-PTT) saat ini, secara yiuridis jelas ilegal.

Namun, sekolah yang tetap mengangkat tenaga honorer bukanlah tanpa alasan. Karena sekolah (sangat) membutuhkan tenaga itu. Sampai sekarang, di Kebumen misalnya, kekosongan guru diperkirakan hampir mendekati angka seribu. Jika sekolah tidak mengankat tenaga honorer, berapa anak yang telantar karena tidak ada guru yang mengajar.

Di sini, penulis hendak bercerita, bahwa munculnya FK GTT-PTT ini didasari atas kesadaran bahwa mereka yang menganggap keberadaan mereka illegal, adalah penghianat bangsa atau apalah yang sejenisnya. Jadilah mereka anak zaman yang teromabang-ambing oleh status ke-illegal-an mereka.

Maka, munculnya FK GTT-PTT ini adalah bentuk perjuangan agar pengabdian mereka terhadap negara tidak dianggap sia-sia. Walaupun mereka menyadari sepenuhnya bahwa saat masuk menjadi tenaga honorer, mereka tidak akan menuntut untuk diangkat menjadi PNS. Ya, sampai saat ini pun mereka masih sadar.

Namun mereka hanya berandai-andai, apakah pemerintah hanya akan memandang sebelah mata terhadap mereka yang telah ikut berjuang mencerdaskan kehidupan bangsa?

Kita berharap, semoga saja mereka (GTT-PTT ) menyadari bahwa pengabdian mereka saat ini tidaklah sia-sia, karena bagaimana pun, mereka telah berjasa pada negara. Di sinilah makna yang sesungguhnya, calon-calon guru hendak diuji, Ikhlaskah mereka menerima kenyataan? Dan pemerintah, entah, apakah akan tetap melihat GTT-PTT ini sebagai guru illegal atau melihatnya dengan cara pandang yang lain, dengan mengadakan pemberkasan misalnya, yang merupakan impian terindah bagi para GTT-PTT. (Chotibul Umam, Mahasiswa STAINU Kebumen)

Surat Pembaca : Suara Merdeka Edisi Kamis, 4 Oktober 2012
Suka Artikel Ini? :

Posting Komentar

 
Support : Maskolis | Blog Template
Copyright © 2012. GTT PTT KEBUMEN - All Rights Reserved
Template Editing by GTT-PTT Published by Blog Template
Proudly powered by Blogger
| Welcome to GTT-PTT Kebumen, Central Java, Indonesia |