Loading...
Selamat datang di GTT-PTT Kebumen
PAGUYUBAN GTT-PTT

DPRD Kebumen Audiensi dengan BKN Tentang Tenaga Honorer

Kamis, 14 Juni 20120 komentar

Audiensi BKN dengan DPRD Kebumen sedang berlangsung
Jakarta-Humas BKN,  Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)  memiliki otoritas berbeda dalam verifikasi dan validasi (verval) terhadap tenaga honorer. Otoritas BKN adalah melakukan verval terkait dengan aspek. Ada pun otoritas BPKP adalah melakukan verval terkait aspek pembayaran/keuangan. Informasi ini disampaikan oleh Kepala Subbagian Publikasi Petrus Sujendro saat beraudiensi dengan DPRD Kabupaten Kebumen dan guru honorer di Ruang Rapat lantai 1 gedung I BKN Pusat Jakarta,Selasa (5/6). Pejabat BKN yang juga hadir dalam audiensi ini adalah Kepala Subdirektorat  (Kasubdit) Pengendalian Kepegawaian (Dalpeg) II.A Suparman.
Petrus Sujendro lebih jauh menjelaskan bahwa BKN dan BPKP memiliki otoritas masing-masing dalam menjalankan verval ini. Jadi, BKN tidak dapat melakukan intervensi terhadap BPKP dalam hal verval dan BPKP pun tidak dapat melakukan intervensi terhadap BKN terkait verval. Dengan demikian, seorang tenaga honorer kategori I (K I) dinyatakan memenuhi kriteria (MK) jika ia memenuhi semua aspek kepegawaian sekaligus memenuhi semua aspek keuangan. Jika seorang tenaga honorer KI memenuhi persyaratan dari aspek  kepegawaian namun tidak memenuhi semua aspek keuangan, ia otomatis menjadi menjadi tenaga honorer kategori II (K II).
Pada kesempatan yang sama, Suparman menyatakan bahwa diperlukan pemahaman yang benar dan utuh tentang aspek pembayaran tenaga honorer. Gaji seorang honorer dinyatakan berasal dari  APBN/APBD jika anggaran pemerintah yang dikeluarkan memang peruntukkannya  guna membayar gaji tenaga honorer. Dengan demikian, seorang guru honorer yang gajinya dibayar dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tidak termasuk dalam KI.
Petrus Sujendro berharap agar hasil audiensi ini dapat didiseminasikan kepada pihak-pihak terkait, khususnya tenaga honorer. Dengan demikian, audiensi ini  membawa implikasi positif pada penyelesaian permasalahan tenaga honorer secara tuntas.
Sumber : BKN
Suka Artikel Ini? :

Posting Komentar

 
Support : Maskolis | Blog Template
Copyright © 2012. GTT PTT KEBUMEN - All Rights Reserved
Template Editing by GTT-PTT Published by Blog Template
Proudly powered by Blogger
| Welcome to GTT-PTT Kebumen, Central Java, Indonesia |